Sunday 3 November 2019

6 Bahan Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

Gambar : thespruceeats.com

Setelah berbelanja, biasanya kita akan segera memasukkan semua bahan makanan yang tadi kita beli, ke dalam kulkas. Karena suhu kulkas yang dingin bisa memperpanjang umur bahan-bahan makanan, hingga tidak cepat busuk. Hal itu memang betul. Namun, tidak semua bahan makanan baik untuk disimpan di kulkas.

Ada juga bahan makanan yang bila disimpan di kulkas justru akan membuat kondisi dan tekstur bahan makanan tersebut buruk. Bahkan, ada yang rasa dan warnanya berubah. Nah, berikut ini, ada 6 bahan makanan yang sebaiknya tidak kamu simpan di kulkas.

1. Tomat

Gambar : barkinggroyalty.com

Kamu sering menyimpan tomat di dalam kulkas? Sebaiknya hal tersebut tidak kamu lakukan lagi. Itu karena suhu dingin kulkas alih-alih membuat tomat segar, justru membuatnya menjadi kusam dan bertekstur lembek. Rasa tomat juga akan berubah hambar.

Daripada disimpan di kulkas, jauh lebih baik bila kamu menyimpan tomat di tempat yang sirkulasi udaranya lancar. Seperti di atas meja dapur.

2. Bawang bombai

Gambar : babble.com

Bawang bombai tidak baik disimpan di tempat lembab seperti di dalam kulkas. Pasalnya, tempat yang lembab bisa mengubah tekstur bawang bombai menjadi lembek dan kusam. Bahkan, bisa cepat berjamur.

Sebaiknya simpan bawang bombai di tempat yang kering, sirkulasi udara baik, tapi tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

3. Bawang merah dan bawang putih

Gambar : akhayar.com

Tekstu bawang merah dan bawang putih bisa berubah menjadi kenyal bila disimpan di dalam kulkas. Tak hanya itu, rasa bawang merah dan bawang putih tidak akan setajam sebelumnya.

Sama seperti bawang bombai, ada baiknya jika kamu menyimpan bawang merah dan bawang putih di tempat yang kering dengan sirkulasi udara baik, tapi tidak terkena sinar matahari langsung.

4. Kentang

Gambar : potato.ie

Kandungan pati yang ada dalam kentang akan cepat terurai menjadi gula bila bertemu suhu dingin dan lembab dari kulkas. Rasa kentang pun akhirnya berubah menjadi sangat manis dan tajam. Teksturnya akan kasar dan keras.

Kamu bisa menyimpan kentang di tempat kering yang tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Dan sirkulasi udaranya baik.

5. Daun basil

Gambar : pharmatimes.com.ng

Daun basil jika disimpan di dalam tempat bersuhu dingin, maka warnanya akan menghitam.

Sebaiknya, simpan basil di tempat yang teduh. Atau kamu juga bisa menyimpan basil di dalam wadah dengan diberi sedikit air agar tetap segar.

6. Buah-buahan

Gambar : policygenius.com

Buah-buahan juga tidak sebaiknya disimpan di dalam kulkas. Karena, kandungan antioksidan dalam buah-buahan bisa berkurang, sehingga jadi kehilangan manfaat.

Alangkah baiknya bila buah-buahan segera dimakan daripada disimpan terlebih dahulu.

Itu dia 6 bahan makanan yang sebaiknya tidak kamu simpan di dalam kulkas. Menikmati masakan dari bahan makanan yang bertekstur, berwarna, dan berasa baik akan jauh lebih baik, bukan?

No comments:

Post a Comment