Monday 7 October 2019

Selain Kopi, 5 Minuman Ini Bisa Usir Kantuk

Gambar : thesimplegreen.com

Kedatangan rasa kantuk memang menyenangkan. Itu berarti, tak perlu bersusah payah mencoba untuk jatuh ke alam mimpi. Namun, jelas tidak menjadi menyenangkan bila rasa kantuk tersebut datang di saat yang tidak tepat. Seperti saat mengejar deadline kantor atau kampus.

Kalau sudah begitu, biasanya yang dipilih menjadi alternatif untuk mengusir kantuk adalah kopi. Karena kopi memang mengandung kafein yang berfungsi untuk menstimulasi tubuh supaya tetap terjaga.

Tapi, ada juga lima minuman yang bisa mengusir rasa kantuk tak hanya kopi. Ini dia lima minumannya.

1. Teh

Gambar : traditionalwushu.com

Sama seperti kopi, kandungan yang terdapat dalam teh juga berupa kafein, lho. Namun, tidak semua teh mengandung kafein yang cukup untuk membuat tubuh tetap terjaga dari rasa kantuk. Hanya teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong saja. Mengutip dari hellosehat.com, kafein yang terkandung di dalam teh hijau per cangkirnya sekitar 36-70 mg. Untuk teh hitam, 60-90 mg. Sementara untuk teh putih dan teh oolong, 30-50 mg dan 50-75 mg.

2. Minuman dari olahan cokelat

Gambar : thechalkboardmag.com

Biji kakao yang menjadi bahan utama untuk membuat cokelat batangan mengandung kafein. Menurut data dari FoodData Central, 100 g kakao terdapat kandungan kafein berjumlah 230 mg. Cukup besar, ya? Jadi, semakin banyak biji kakao yang digunakan semakin besar pula kandungan kafein dalam cokelat batangan. Diolah menjadi minuman pun, kandungan kafeinya tetap sama. Selain dapat mengusir rasa kantuk, cokelat juga baik untuk jantung asal tidak berlebih dalam mengomsumsinya.

3. Minuman bersoda

Gambar : diyphotography.net

Agar tidak mengantuk di saat yang tidak tepat, kamu juga bisa mengonsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda juga mengandung kafein. Menurut data yang dihimpun US Food and Beverage, kandungan kafein yang ada dalam minuman bersoda per 240 ml-nya sekitar 23-31 mg. Tapi, tetap batasi konsumsinya, ya? Karena minum soda berlebih sangat tidak baik untuk tubuh.

4. Minuman dari olahan lemon dan jeruk nipis

Gambar : blog.gygi.com

Minuman yang diolah dari lemon dan jeruk nipis memang tidak mengandung kafein seperti ketiga minuman di atas yang disebutkan. Tapi, kandungan asam dari lemon dan jeruk nipis bisa membuat mata jadi tak tinggal 5 Watt lagi.

5. Air mineral

Gambar : ahalife.com

Rasa kantuk datang mendadak bisa jadi dikarenakan oleh tubuh kekurangan cairan. Jadi, segera konsumsi air mineral agar kantukmu menghilang dan aliran darah pada tubuhmu juga menjadi lancar. Mengejar deadline yang diberikan kantor atau kampus kan, jadi fresh lagi.

No comments:

Post a Comment