Sunday 27 October 2019

5 Cara Ampuh Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

Gambar : forbes.com

Dalam dunia kerja, rasa percaya diri yang tinggi, terbilang penting karena bisa menaikkan jenjang karier seseorang. Atasan pun biasanya lebih menyukai pegawai-pegawainya yang percaya diri ketimbang yang tidak. Namun, tentu tak semua orang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. 

Nah, untuk kamu yang ingin meningkatkan rasa percaya diri di kantor, berikut ini ada 5 caranya. Yuk, simak!

1. Kenali kelebihan dan kelemahan dalam diri

Gambar : habitat.fr

Bila ingin rasa percaya diri meningkat, perlu untuk mengenali apa saja kelebihan dan kelemahan yang ada dalam dirimu. Jika sudah, lalu tingkatkan kelebihan-kelebihanmu tersebut. Untuk kelemahan, kamu hanya perlu mengurangi. Tidak usah sampai terlalu fokus atau berusaha menghilangkan semua kelemahan yang kamu miliki.

2. Bersikap bodo amat terhadap ucapan-ucapan tak mengenakkan


Gambar : gobankingrates.com
Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang jadi tidak percaya diri di kantor adalah kata-kata yang tidak mengenakkan dari orang lain. Bentuknya seperti hinaan atau sindiran untuk mengungkit kekurangan dan kelemahan.

Jika itu juga yang jadi penyebab kamu merasa tak percaya diri di kantor, kamu perlu bersikap bodo amat. Tidak usah pikirkan ucapan-ucapan tak mengenakkan yang datang dari orang lain tersebut.


3. Percaya pada diri sendiri


Gambar : medium.com


Rasa percaya diri tinggi bersumber dari keyakinanmu terhadap diri sendiri. Saat kamu percaya terhadap dirimu sendiri bahwa kamu sanggup mengerjakan semua tugas yang diberikan atasan atau senior dengan baik, secara tak langsung rasa percaya dirimu bertambah.

4. Tantang diri sendiri


Gambar : parade.com
Agar rasa percaya dirimu naik, kamu perlu menantang dirimu sendiri untuk mencapai hal-hal yang ingin kamu capai di kantor. Semisal kamu ingin mendapat titel "karyawan terbaik", maka berusahalah untuk mencapainya. Itu akan memicu semangatmu. Rasa percaya dirimu pun otomatis meningkat.

5. Ganti pikiran negatif dengan pikiran positif 


Gambar : fishphilosophy.com

Rasa tidak percaya diri hadir karena didorong oleh pikiran-pikiran negatif. Seperti takut banyak orang lain tidak menyukaimu, atau cemas bila semua hasil pekerjaanmu tak akan memuaskan hati atasan.

Pikiran-pikiran semacam itu, perlu kamu ganti dengan pikiran-pikiran positif. Anggaplah semua orang menyukaimu karena kamu tidak pernah mencari gara-gara dengan mereka. Berpikirlah positif bahwa atasanmu pasti akan menyukai semua hasil kerjamu karena kamu sudah melakukan yang terbaik.

No comments:

Post a Comment