Tuesday 1 October 2019

Beda Lip Balm, Lip Butter, Lip Gloss, Lip Liner, Lipstick, Lip Cream, dan Lip Tint

Gambar : inthefrow.com

Kian banyak produk kecantikan yang ditujukan untuk wanita. Termasuk yang diperuntukkan bibir. Ada lip balm, lip butter, lip gloss, lipstick, lip liner, lip cream, dan lip tint. Namun, sebagian wanita kini masih belum bisa membedakan produk-produk tersebut.

Kalau kamu salah satunya, penjelasan di bawah ini mungkin bisa membantumu untuk membedakan mereka.

1. Lip balm

Gambar : rover.ebay.com

Fungsi lip balm untuk menjaga kelembapan bibir agar tidak pecah-pecah. Selain itu, juga bisa digunakan untuk melindungi bibir dari sinar UV berkat kandungan SPF yang ada di dalamnya. Lip balm tidak meninggalkan warna pada bibir saat dipoleskan. Biasanya, lip balm beraroma wangi buah-buahan seperti strawberry, cherry, mango, orange, banana, watermelon. Jadi ingin memakannya, ya? Ada juga lip balm yang punya wangi bunga segar. Untuk kemasan, lip balm tersedia dalam bentuk jar, stik, atau tube.

2. Lip butter

Gambar : roosbeach.com

Hampir sama dengan lip balm, tapi lip butter mempunyai kandungan minyak berlebih. Bedanya lagi, lip butter tidak mengandung SPF. Namun, karena mengandung banyak minyak, lip butter lebih efektif untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Umumnya, digunakan pada malam hari sebelum tidur agar esoknya bibir menjadi lembap.

Persamaannya dengan lip balm, lip butter tidak meninggalkan warna pada bibir. Aromanya biasanya juga wangi buah-buahan dan bunga.

3. Lip gloss

Gambar : temptalia.com

Memiliki kandungan minyak tinggi, lip gloss juga melembapkan bibir. Tapi, tidak seampuh lip balm dan juga lip butter. Lip gloss memiliki warna dan bisa memberikan kesan glossy atau kilau. Maka dari itu, banyak wanita mengaplikasikan lip gloss setelah lipstick agar bibir tampak berkilau. Kemasan lip gloss biasanya berbentuk tabung panjang disertai brush kecil sebagai aplikator.


4. Lip liner


Gambar : buzzfeed.com

Lip liner dipakaikan di sepanjang garis bibir sebelum pengaplikasian lipstick agar warna pada bibir terlihat lebih rapi. Berbentuk seperti pensil alis, lip liner juga bisa diaplikasikan ke seluruh permukaan bibir bila ingin lipstick bertahan lama karena warnanya yang lebih pekat.

5. Lipstick

Gambar : i.pinimg.com

Lipstick berfungsi memberikan warna pada bibir. Warna yang dihasilkan pekat dan bermacam-macam. Bahkan, ada lipstick dengan warna hitam. Pewarna bibir yang terkenal sejak lama ini, memiliki tekstur padat dengan kandungan lilin dan sedikit minyak. Lipstick tersedia dalam kemasan berbentuk batang silinder atau stik yang dapat diputar ujungnya.

6. Lip cream

Gambar : iki.gurpinarhavuz.com

Sebenarnya lip cream sama seperti lipstick. Sama-sama punya fungsi memberi warna pada bibir. Namun, lip cream teksturnya cair dan terkemas dalam wadah berbentuk tabung panjang disertai brush kecil. Badan lip cream biasanya dibuat bening agar kita bisa melihat shade asli tanpa membuka tutupnya.

7. Lip tint

Gambar : niniko.co.uk

Diperuntukkan memberi warna pada bibir juga, tapi lip tint tidak mengandung lilin dan minyak seperti lipstick maupun lip cream. Kandungan yang terdapat dalam lip tint berupa air, gel, dan alkohol. Itu sebabnya lip tint membuat bibir cepat kering . Namun, warna-warna cerah alami seperti merah, pink, dan oranye pada lip tint lebih awet di bibir ketimbang lip cream dan juga lipstick. Untuk kemasan, lip tint seringnya berbentuk tabung panjang atau pendek disertai brush kecil dengan badan bening.

3 comments: