Saturday 12 October 2019

Tak Pakai Ribet, 5 Cara Efektif Atasi Mata Panda

Gambar : mirror.co.uk

Lingkar hitam di sekitar mata atau yang biasa kita sebut mata panda, tentu mengganggu dan dapat merusak penampilan.

Kamu yang biasanya tampil fresh, kini pasti terlihat letih, kuyu, dan tidak sehat dengan adanya mata panda. Hal tersebut, bisa berimbas pada kesan pertamamu saat bertemu seseorang. Apalagi, bila seseorang itu adalah klien yang akan menjalin kerja sama denganmu.

Mata panda sendiri, biasanya disebabkan oleh stres, terlalu sering menatap layar gawai, gaya hidup tidak sehat, dehidrasi, penyakit tertentu, dan kurang tidur. 

Ada baiknya kamu mencoba mengatasi mata pandamu dengan 5 cara di bawah ini. Selain mudah dan tidak ribet, juga terbilang efektif . Yuk, simak!

1. Kentang

Gambar : pixabay.com

Tak cuma dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat alami bagi tubuh, kentang juga bisa digunakan sebagai alternatif menghilangkan mata panda. Itu karena kentang mengandung enzim catecholase yang bisa mencerahkan kulit.

Caranya, potong kentang yang sudah dicuci bersih menjadi dua bagian. Iris-iris tipis bagian dalam kentang. Setelah itu, tempelkan irisan-irisan kentang itu pada lingkaran hitam di sekitar mata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu lepas irisan-irisan kentang yang sudah mengering. 

2. Kantong teh celup bekas

Gambar : kawaiibeautyjapan.com

Kafein dan antioksidan pada teh, bisa mengatasi lingkaran hitam di sekitar matamu. Namun, sebaiknya pilih kantong teh celup organik agar kulitmu tidak terkontaminasi bahan kimia. Seperti, kantong celup teh hijau, teh putih, dan teh hitam.

Caranya, peras dua kantong teh celup bekas membuat teh agar tak terlalu basah. Taruh di kulkas dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah, lalu tempelkan dua kantong teh celup tersebut di atas mata kamu yang terpejam. Tunggu kira-kira 20-30 menit.

3. Mentimun

Gambar : vrg.org

Banyak periset mengatakan mentimun baik untuk kesehatan kulit terutama kulit di sekitar mata. Kandungan nutrisi serta antioksidan pada mentimunlah yang dapat mengobati mata panda.

Caranya, cuci bersih mentimun. Lalu, potong buah mentimun tidak terlalu tipis menjadi dua bagian. Letakkan masing-masing satu di atas mata kamu yang terpejam. Biarkan selama kurang lebih 20 menit.

Juga bisa menggunakan cara lainnya dengan menjadikan mentimun sebagai masker. Haluskan terlebih dahulu mentimun yang telah dicuci bersih, kemudian tempelkan di area lingkar hitam. Hati-hati untuk melakukan hal tersebut agar sari mentimun tidak masuk ke dalam mata kamu.

4. Tomat

Gambar : modernfarmer.com

Kandungan antioksidan tomat yang berupa vitamin C, dapat mengatasi pigmentasi melanin pada kulit terutama yang berada di sekitar mata.

Caranya, sama seperti menggunakan mentimun. Potong buah tomat tidak terlalu tipis menjadi dua bagian. Lalu, tempelkan masing-masing satu di atas mata. Jangan lupa pejamkan matamu terlebih dahulu. Biarkan selama kurang lebih 25 menit.

5. Air dingin

Gambar ; doktersehat.com

Kamu juga bisa menggunakan air dingin yang dapat mengatasi lingkar hitam di sekitar mata. Sensasi dingin pada air, juga bisa menghilangkan bengkak yang biasanya menyertai mata panda.

Caranya, celupkan handuk kecil bersih ke dalam wadah yang berisi air dingin. Peras handuk sampai air tidak terlalu banyak, kemudian kompres pada lingkar hitam di sekitar mata. Biarkan selama kurang lebih 15 menit.

No comments:

Post a Comment