Wednesday 9 October 2019

Manfaat Infused Water Lemon Campur Madu dan Cara Membuatnya

Gambar : keeprecipes.com


Jika kamu mulai menjadikan infused water sebagai pelengkap harimu, tak ada salahnya untuk mencoba mencampurkan lemon dengan madu ke dalam air mineralmu. Buah lemon yang asam bercampur madu yang manis, tentu akan membuat air mineralmu yang telah didinginkan terasa menyegarkan. Apalagi, bila diminum di siang hari yang terik. Tak hanya itu, campuran lemon dan madu juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh selain untuk menurunkan berat badan yang sering kita dengar.

Berikut beberapa manfaatnya. Tak lupa cara membuatnya.

1. Menangkal radikal bebas

Baik lemon maupun madu, sama-sama mengandung antioksidan tinggi yang berasal dari senyawa asam fenolat dan flavonoid. Senyawa-senyawa tersebut dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan kulitmu.

2. Menurunkan kolestrol jahat

Flavonoid pada madu dan lemon juga dapat mengurangi jumlah kolestrol jahat yang menyumbat pembuluh darah sampai 11 %. Sementara itu, vitamin C yang tinggi pada lemon, mampu mengurangi produksi apolipoprotein B yang memicu naiknya jumlah kolestrol jahat pada darah.

3. Menaikkan daya tahan tubuh

Vitamin C yang ada di dalam lemon dan madu, bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cocok dikonsumsi saat akan melakukan banyak aktivitas agar tidak terserang penyakit seperti batuk atau pilek.

4. Memperbaiki mood

Vitamin C juga dapat memperbaiki susana hati. Menurut hasil riset dari University of Otago, vitamin C dapat meningkatkan mood, menurunkan tingkat depresi, menurunkan rasa lelah di tubuh, dan membangkitkan semangat.

5. Meningkatkan kinerja otak

Lemon dan madu sama-sama mengandung kalium yang tinggi. Menurut data dari FoodData Central, kalium lemon berjumlah 183 mg per 100 g, sedangkan madu 52 mg. Kalium ini, bisa meningkatkan kinerja otak seperti menaikkan proses berpikir dan konsentrasi.

6. Mencegah berbagai macam infeksi

Madu mengandung antibakteri yang dapat mencegah tubuh dari berbagai macam infeksi. Bakteri penyebab infeksi yang ada di tubuhmu, akan dibuat tak berdaya oleh madu dengan cara menarik keluar air.

Sudah tahu manfaat-manfaatnya, kini giliran tahu bagaimana cara membuat infused water lemon campur madu yang menyegarkan. Membuatnya hampir sama dengan infused water lainnya.

Bahan-bahan :

- Air mineral 400 ml
- 1 buah lemon segar
- 3 sendok makan madu (boleh sesuai selera)

Langkah-langkah :

- Siapkan air mineral 400 ml dalam botol minum dan 1 buah lemon segar yang sudah dicuci bersih. Iris-iris tipis lemon menjadi beberapa bagian, lalu masukkan ke dalam air mineral. Tambahkan 3 sendok makan madu dan aduk rata. Jika sudah, masukkan botol minum tersebut dalam kulkas dan diamkan sesuai selera. Tapi sebaiknya, tidak didiamkam di kulkas terlalu lama karena lemon bisa menjadi pahit. Maksimal satu hari. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment