Tuesday 24 September 2019

Ini 7 Bahaya Jika Tidak Bersihkan Make Up Sebelum Tidur

Gambar : galmeetsglam.com

Make up sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok untuk setiap wanita. Pergi ke mana-mana tanpa make up, penampilan rasanya seolah ada yang kurang. Akhirnya, mood menjadi tidak sepenuhnya bagus. Namun, saat memutuskan memakai make up, perlu juga memutuskan untuk membersihkannya sebelum tidur. Pasalnya kalau tidak, tujuh bahaya ini bisa menghampirimu.


1. Muncul komedo dan jerawat

Gambar : gabeautyworks.com

Bedak, foundation, concealer, atau blush on yang tidak dibersihkan sebelum tidur, akan bercampur dengan debu, sel kulit mati, dan minyak di wajah yang selanjutnya masuk ke dalam kulit, hingga dapat menyumbat pori-pori. Bila hal itu terus terjadi, kulit wajahmu bisa memunculkan komedo dan jerawat.

2. Kulit bibir menjadi menggelap dan kering

Gambar : hellosehat.com

Lipstik, lip tint, atau sejenisnya jika tidak dihapus dari bibir semalaman, dapat mempercepat pigmentasi bibir yang disebabkan oleh kandungan yang ada di dalam perwarna-perwarna bibir tersebut. Dengan kata lain, bibir bisa menghitam. Selain itu, bibir juga dapat menjadi kering.

3. Kulit wajah jadi mudah iritasi

Gambar : bp-guide.id

Kandungan bahan kimia yang berada dalam komestik, bisa terserap ke dalam kulit bila terus dibiarkan menempel di wajah. Jika ditambah terkena paparan sinar matahari, kulit yang sudah terkontaminasi bahan kimia, jadi gampang iritasi. Biasanya ditandai dengan wajah yang kemerahan.

4. Bulu mata rontok

Gambar : fimela.com

Maskara memang bisa membuat bulu mata menjadi tampak lebih lentik dan tebal. Tetapi, kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya, terutama maskara waterproof yang mengandung lilin dan silikon, bisa menyumbat folikel bulu mata saat kamu terlelap. Bulu mata pun menjadi rapuh dan lama-lama bisa rontok.

6. Infeksi mata

Gambar : hellosehat.com

Tidur dengan make up di area sekitar mata seperti eyeliner, eyeshadow, atau maskara juga dapat membahayakan kesehatan. Butiran-butirannya tanpa sadar bisa masuk ke dalam mata yang menyebabkan mata jadi infeksi.

7. Proses regenerasi kulit tidak lancar

Gambar : fimela.com

Tidur adalah saat di mana wajah mengalami proses regenerasi kulit atau pengangkatan sel kulit mati. Kalau kulit wajahmu masih tertempel make up, proses ini tidak akan berjalan lancar. Dampaknya, kulit dapat menjadi kering dan berkerut yang berujung pada penuaan dini.

Itu dia tujuh bahaya jika tidak membersihkan make up sebelum tidur. Meski diserang rasa lelah usai menjalani aktivitas sehari-hari, usahakan tetap membersihkan wajahmu dari make up agar kamu tetap sehat.

No comments:

Post a Comment