Friday 30 August 2019

Yuk, Kenali Orang Introvert Lebih Dalam!

Gambar : pinterest.com


Orang introvert seringnya dikenal sebagai pribadi yang pemalu dan tidak mampu bersosialisasi. Padahal, hal itu tidak tentu benar.

Orang dengan kepribadian ini, bukan tidak mampu bersosialisasi. Melainkan, menjalin interaksi dengan banyak individu, hanya akan membuat energinya, jadi cepat habis. Dengan cara menyendiri itulah, dia bisa mempertahankan energinya tetap penuh. Hal ini memang bertolak belakang dengan orang ekstrovert yang justru cepat kehabisan energi bila berada di tempat sepi yang hanya ada dia seorang.

Masih ada lagi yang perlu kamu ketahui tentang orang introvert. Simak di bawah ini jika kamu ingin mengetahuinya!

1. Mengenal diri sendiri

Gambar : pinterest.com

Karena lebih fokus pada perasaan dan pikiran daripada stimulasi dari luar, orang introvert mampu mengenal dirinya sendiri. Mana yang terbaik untuk dirinya dan mana yang tidak. Ketika sedang stres atau tidak mood, dia segera tahu cara mengatasinya. Biasanya, orang introvert akan menanggulangi mood buruknya dengan cara mendengarkan musik atau membaca.

2. Berpikir dahulu sebelum berbicara dan bertindak


Gambar : pinterest.com

Orang introvert cenderung berhati-hati dalam segala hal. Dia tidak ingin terjebak dalam tindakan atau perkataan yang salah, hingga sanggup memicu perhatian banyak orang. Karena menjadi pusat perhatian adalah hal terakhir yang diinginkan oleh orang introvert. Maka dari itu, penting untuknya mendahulukan pemikiran yang matang.

3. Menghindari kontak mata dengan orang lain

Gambar : pinterest.com

Mengingat mata adalah jendela rasa yang tidak bisa menipu, orang introvert tidak ingin terlihat tertekan di hadapan lawan bicaranya lewat kontak mata. Namun, sering kali tindakannya tersebut disalahartikan orang lain sebagai bentuk rasa malu atau tidak percaya diri.

4. Pengamat yang baik

Gambar : pinterest.com

Ketimbang melibatkan diri dalam sebuah interaksi sosial, orang introvert lebih suka menjadi pengamat yang baik. Hal itu dianggapnya menyenangkan dan jadi bisa cepat beradaptasi dengan keadaan sekitar.

5. Suka berbicara dengan diri sendiri

Gambar : pinterest.com

Berbicara pada diri sendiri bukan menjadi hal asing untuk orang introvert. Itu lantaran berbicara dengan diri sendiri membuatnya jadi tidak merasa terhakimi seperti saat berbicara dengan orang lain.

6. Bersikap cuek dan dingin di awal

Gambar : pinterest.com

Sikap cuek dan dingin dipasang oleh orang introvert saat bertemu dengan orang yang belum dia kenal. Sebagai bentuk kewaspadaan karena dia adalah pribadi yang skeptis. Perlu mengenalnya lebih dekat untuk menarik rasa kepercayaannya, hingga tak menjadi cuek dan dingin lagi.

7. Lebih suka memendam masalah ketimbang menceritakannya


Gambar : pinterest.com

Merasa tidak percaya bahwa masalahnya bisa terselesaikan dengan baik bila dibagikan ke pada orang lain, orang introvert lebih suka menyimpannya. Dia akan memikirkan cara lepas dari masalahnya tersebut seorang diri.

8. Merasa gelisah bila berada di tempat ramai


Gambar : rawpixel.com

Berada di tempat yang dipenuhi orang, hanya akan membuat orang introvert merasa gelisah walaupun dia tidak melakukan interaksi apa pun dengan orang lain. Itu sebabnya, dia akan memilih pojok ruangan yang minim orang bila menghadiri sebuah acara.

9. Menghasilkan banyak ide bila tengah sendiri

Gambar : google.com

Ketika tengah sendiri, orang introvert akan banyak menghasilkan ide-ide cemerlang. Tidak ketika dia berada di tempat yang ramai orang.

10. Tidak suka telibat konflik

Gambar : google.com

Jika tahu di sekitarnya tengah terjadi konflik, orang introvert cenderung akan mencoba menghindar atau tak ingin ikut-ikutan agar tak sampai terlibat. Pasalnya, dia terlalu betah mendiami zona nyamannya.

Sekarang kamu jadi lebih memahami orang introvert, bukan?



No comments:

Post a Comment