Thursday 29 August 2019

Ketahui Bakatmu dengan 5 Cara Ini

Gambar : pinterest.com

Setiap manusia tentu dianugrahi bakat oleh Sang Pencipta. Ada yang dianugrahi bakat memasak. Ada pula yang dianugrahi bakat melukis atau bermain sepak bola.

Tapi kebanyakan orang saat ini, masih belum mengetahui apa bakat diri mereka sesungguhnya. Kesibukan sehari-hari dan menganggap bakat bukan sesuatu yang penting, besar kemungkinan menjadi faktor utamannya. Padahal, dengan mengetahui bakat, kamu jadi bisa mengenal dirimu sendiri lebih dalam, dan bisa tahu profesi apa yang cocok untukmu.

Nah, lima cara ini mungkin bisa membantumu untuk mengetahui apa bakat terpendam yang ada dalam dirimu!

1. Jangan hanya menunggu

Gambar : google.com

Bakat tidak akan jatuh secara mendadak dari langit! Jadi, stop hanya menunggu sampai bakat itu mendatangimu dengan sendirinya. Mulailah mencari tahu hal-hal apa saja yang sangat mudah dilakukan untukmu. Mungkin membetulkan elektronik yang rusak, menggambar kartun, atau menyulam. Bila orang lain tak bisa melakukan hal yang kamu bisa semudah kamu, hal itu bisa jadi adalah bakatmu.

2. Pelajari banyak hal baru

Gambar : flickr.com

Kamu bisa mencoba pelajari banyak hal yang belum kamu ketahui sebelumnya. Kalau kamu belum pernah bermain gitar, cobalah. Jika belum pernah menulis sebuah cerita, cobalah. Lalu, lihat mana hal baru yang bisa menarik minatmu dan tentunya kamu kuasai dengan mudah.

3. Topik yang sering kamu bicarakan

Gambar : google.com

Topik yang sering kamu bicarakan dengan teman atau keluargamu, bisa saja menyimpan bakatmu selama ini. Karena, kalau kamu membicarakannya secara terus menerus tanpa bosan, berarti kamu menaruh minat padanya. Jika sudah begitu, kamu hanya perlu mengetahui apa bisa mengerjakannya dengan mudah atau tidak.

4. Bandingkan dengan orang lain

Gambar : pinterest.com

Memang sih, membandingkan diri kita dengan orang lain itu tidak baik. Tapi kalau untuk mengetahui bakat dalam diri cara ini, sepertinya sah-sah saja kamu lakukan. Membandingkan di sini maksudnya adalah kamu melihat apa orang lain yang juga mempunyai kesukaan yang sama denganmu bisa lebih unggul darimu atau tidak. Bila kamu yang lebih unggul, maka selamat! Kamu sudah menemukan bakatmu.

5. Minta pendapat orang lain

Gambar : pinterest.com

Ketika kamu tidak menyadari bakatmu, biasanya orang-orang di sekitarmu justru tahu. Maka, coba tanyakan pada mereka, hasil dari sesuatu yang kamu suka apa memuaskan atau malah sebaliknya. Kalau memuaskan, itu tandanya sesuatu yang kamu sukai tersebut adalah bakat terpendammu selama ini.

Itu dia lima caranya. Kuncinya, jangan patah semangat. Selagi kamu berusaha untuk menemukan bakatmu, pasti akan ada jalan. Percayalah, kalau sudah berhasil menemukannya, hidupmu akan terasa lebih menyenangkan dan terarah. Masa depan jadi tak buram lagi. Semoga berhasil!

No comments:

Post a Comment